Membincangkan Pemikir desain vs Tukang Desain oleh Sumbo Tinarbuko

Membincangkan Pemikir Desain vs Tukang Desain

 

Manakala kita melongok aktivitas perancangan  desain grafis dan desain komunikasi visual di Indonesia, para desainer grafis dan desainer komunikasi visual terbelah menjadi dua kelompok besar. Masing-masing ada di kubu ‘tukang desain’ dan pada sisi lain tergabung dalam  kelompok ‘pemikir desain’.

Ketika fokusnya diubah ke arah ‘pemikir  desain’, maka para desainer komunikasi visual harus  mengedepankan lelaku memecahkan masalah komunikasi visual dengan bantuan senjata pamungkasnya berwujud berpikir kreatif dengan mengedepankan unsur kreativitas dan inovasi dengan memajukan unsur kebaruan sebagai panglimanya.  Artinya, sebagai ‘pemikir desain’ dia sedang memerankan diri menjadi seseorang yang bertugas memecahkan masalah komunikasi visual. Tugas mulia ‘pemikir desain’ menuntut konsekuensi logis dia harus merunut  suatu proses mental, proses berpikir yang mampu memunculkan ide baru dan bila diaplikasikan secara praktis akan menghasilkan cara yang  efisien, efektif, unik, persuasif, dan komunikatif.

http://adgi.or.id/industry/membincangkan-pemikir-desain-vs-tukang-desain/

Advertisements

2 thoughts on “Membincangkan Pemikir desain vs Tukang Desain oleh Sumbo Tinarbuko

  1. uki says:

    saya sebagai mahasiswa lebih mengedepankan unsur pemikir desain ke timbang tukang desain selain lebih efektif dapat mengetahui akar permasalahan dan tentu saja sangat efisien dalam eksekusi media perancangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s