Tags

Berdasarkan tujuan yang hendak dicapai dari sebuah produk atau jasa, saya kelompokkan merek ke dalam 3 jenis, yaitu:

  1. Merek Fungsional (Functional Brand)
    Merek fungsional adalah merek-merek yang dirancang untuk menghasilkan persepsi terhadap kinerja ataupun nilai ekonomis dari produk atau jasa sebuah bisnis. Misalnya saja kita mendirikan sebuah jasa pengetikan dengan nama merek KILAT. Orang lalu mengenal jasa pengetikan KILAT sebagai jasa pengetikan yang tercepat dibanding jasa pengetikan lainnya. Maka bisa dikatakan kita telah berhasil membangun merek fungsional bagi bisnis kita itu.
  2. Merek Citra (Image Brand)
    Biasanya merek ini memberikan manfaat berupa keuntungan bagi si pemakai merek untuk mengekspresikan diri mereka. Merek dianggap akan mampu mendongkrak citra dari si pengguna produk atau jasa tersebut. Misalnya kita membangun bisnis butik untuk kalangan atas dengan nama merek KAYA. Setiap orang yang berkunjung dan membeli produk dari butik KAYA akan merasa citra diri dan status sosial mereka akan naik di mata teman-temannya. Nah, KAYA inilah yang disebut dengan Merek Citra.
  3. Merek Eksperiensial (Experiental Brand)
    Misalkan kita pergi ke sebuah restorant dengan nama TEMPOE DOELOE. Di restoran itu, kita merasakan suasana yang berbeda. Kita seperti diajak mengenang masa lalu. Bangunan, penyajian, serta makanannya terasa sangat tradisional di ujung lidah kita. Segalanya pada restoran itu membuat kita merasa betah dan selalu ingin kembali mengunjungi restoran itu. Karena itu TEMPOE DOELOE bisa kita anggap sebagai Merek Eksperiensial.
Saya mempunyai sebuah bisnis furniture, berdasarkan pengelompokan diatas bisnis saya termasuk dalam kategori Merek Fungsional dengan nama RAMANSA. NamaRAMANSA sendiri adalah sebuah kependekan dari rasa nyaman dan leluasa, dengan nama ini saya sangat berharap setiap produk furniture saya bisa memberikan rasa nyaman dan leluasa bagi para penggunanya, Sangatlah fungsional.

Pilihan merek mana yang akan kita kembangkan bagi bisnis kita , sangat bergantung dari jenis produk atau jasa apa yang hendak kita pasarkan, bagaimana kekuatan para pesaing di bisnis itu, kelebihan apa yang dimiliki oleh bisnis kita, dan kesan yang bagaimana yang ingin kita tanamkan pada benak konsumen.

Sudahkah merek anda merupakan salah satu dari 3 kelompok diatas?? Bila belum , coba carilah kelompok mana yang tepat bagi merek anda, agar bisnis anda bisa semakin terfokus dan berkembang dengan baik.

sumber : bisnisdanmarketing.blogspot.com